Music

Tuesday, March 18, 2014

BULETIN SMP NEGERI 1 PALLANGGA : EDISI PERTAMA, FEBRUARI 2014


SMP NEGERI 1 PALLANGGA
MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA


LAPORAN UTAMA

HIMBAUAN SANG PENGAWAS SEKOLAH
SMP Negri 1 Pallangga dalam rangka mewujudkan sekolah berbasis Adiwiyata banyak dukungan yang kami butuhkan selain Kepala sekolah, Guru, Pegawai sekolah, Siswa dan juga Pengawas sekolah.

Pada hari Kamis tanggal 30 januari 2014 kami anggota KLIK Snepal (Komunitas Jurnalis Cilik ) mengunjungi kediaman Bapak DRS. Amir Supar sebagai pengawas sekolah untuk di beri bimbingan mengenai lingkungan.
Menurut Narasumber Bapak pengawas sekolah, Smp Negeri 1 Pallangga adalah sekolah paling baik dalam masalah lingkungan karena lokasi yang kodusif yang terjauh dari keramaian dan polusi kendaraan dari jalan raya dan juga sudah banyak tumbuhan yang rindang dan hijau.
Beberapa komponen yang harus di penuhi agar dapat terwujud Smp Negri 1 Pallangga menjadi sekolah berbasis adiwiyata di antaranya kebersihan Ruang kelas, halaman, Wc, Musollah, Tempat air wudhu, lapangan dan kehijauan sekolah. Untuk memenuhi komponen tersebut di butuhkan kerjasama yang dari seluruh warga sekolah.
Upaya Smp Negeri 1 pallangga dalam masalah lingkungan sudah sangatlah baik seperti menyiapkan tempat sampah yang di pilah antara sampah basa, kering dan plastik namun mempertahan kannya sangatlah sulit karena kurangnya kesadaran siswa itu sendiri.
Kendala dari upaya Smp Negri 1 Pallangga menjadi sekolah Adiwiyata adalah banyaknya jumlah peserta didik yaitu kurang lebih 1800 siswa sangat sulit untuk bersaing dengan sekolah yang jumlah siswanya hanya 500 karena jumlah siswa berpengaru dalam penataan lingkungan dan sulit untuk di bimbing. Selain itu berada pada  jumlah Wc. menurut standar kompetensi, 8 standar nasional menyatakan jika 30 siswa wanita di butuhkan 1 buah Wc dan jika 40 siswa laki laki di butuhkan 1 Wc yang terpisah  hal ini yang paling berat jika di lihat dari jumlah siswa Smp Negri 1 Pallangga yang jumlah siswanya kurang lebih 1800 jika di kalkulasikan banyak sekali Wc yang harus di siapkan namun kami berharap jumlah Wc tidak berpengaruh  hanya kebersihan dan kehijauan sekolah.
Kesadaran para peserta didik sangatlah kurang karena tidak di bekali oleh  pendidikan lingkungan hidup ( PKLH) amun saat ini Smp Negri 1 Pallangga telah menyatukan kurikulum 2013 berbasis Lingkungan. Dan juga tidak di canamkan  sebuah sangsi baagi siswa yang merusak lingkungan .

Drs. Amir Supar
Pengawas sekolah Kab. Gowa




LAPORAN UTAMA

PANDANGAN KEPALA SEKOLAH MENGENAI BER-ADIWIYATA

“Sungguh,sebuah kesempatan yang besar untuk dapat menjadi sekolah berbasis adiwiyata”
Kutip perkataan dari kepala sekolah SMPN 1 Pallangga bapak Mas’ud Kasim M.Pd.



Beliau mengatakan bahwa langkah awal yang dilakukan smpn 1 pallangga dalam mewujudkan sekolah adiwiyata ialah melakukan sosialisasi dengan tujuan memberikan pemahaman kepada warga sekolah dan masyarakat tentang apa dan bagaimana itu ber adiwiyata.
 langkah selanjutnya setelah sosialisasi ialah kunjungan ke sekolah yang telah meraih gelar adiwiyata sebelumnya dan difokuskan kepada sekolah yang meraih gelar adiwiyata nasional. Dengan tujuan menanamkan pemahaman kepada unsur sekolah  tentang bagaimana cara beradiwiyata.
Dan langkah selanjutnya adalah langkah yang sangat penting yaitu,aksi,usaha dan kerja. bekerja bersama-sama dari apa yang telah kita dapatkan dalam sosialisasi, dan study banding, kita berusaha untuk menerapkannya dalam bentuk karya nyata di sekolah,  membenahi sekolah dari beberapa segi terutama menata lingkungan sekolah yang menjadi sasaran utama. Karena dalam adiwiyata ada beberapa unsur dan komponen yang menjadi penilaian.
Jika SMPN 1 PALLANGGA telah mampu menjadi sekolah adiwiyata, disini lah perjuangan untuk mempertahankannya, karena ada pepatah yang mengatakan, “merebut itu gampang, tapi mempertahankan yang susah”. Sehingga kita akan mengambil langkah dimulai dari menanamkan kesadaran kepada seluruh unsur sekolah baik guru maupun siswa, bahwa beradiwiyata bukan hanya mengejar juara, tapi yang paling penting adalah bagaimana peranan adiwiyata itu penting, karena merupakan bagian dari pendidikan. Sehingga bagaimana kita dapat mempertahankan gelar tersebut dengan menanamkan dalam diri masing-masing warga sekolah akan cinta lingkungan dan penting nya lingkungan sekolah dipelihara. Jika langkah ini telah dimiliki semua unsur sekolah,maka walaupun tidak ada penilaian dan kegiatan kejuaraan maka itu dapat dijalankan terus menerus.
Sisi positifnya jika visi misi sekolah diubah. Akan memberikn  spirit, motivasi, dorongan kepada seluruh unsur sekolah dalam mewujudkan sekolah yang beradiwiyata.
Adapun tindakan yg dilakukan jika ada siswa yang merusak lingkungan adalah tindakan pencegahan, karena “mencegah lebih baik daripada memperbaiki” jika di lingkungan. Jadi senantiasa tanpa bosan memberikan arahan. Jika, masih belum berubah maka akan diberikan tindakan kedisiplinan karena dianggap melanggar peraturan sekolah (sanksi)






Mas’ud Kasim M.pd
Kepala sekolah SMPN 1 Pallangga




PERAN SERTA KURIKULUM DAN VISI MISI

C360_2014-02-05-13-33-23-636.jpg

Pandangan saya mengenai penambahan kata”Peduli Lingkungan” dalam visi misi sekolah adalah:.
         Kata “Peduli Lingkungan”sangat penting untuk di tambahkan dalam visi misi sekolah kita karena kata tersebut sangat besar makna dan manfaatnya untuk sekolah ini.Dengan kata itu maka setidaknya kita akan sadar untuk menjaga lingkungan sekitar kita.Karena di dalam sebuah sekolah  bukan hanya petugas sekolah yang bertanggung jawab di dalam menangani masalah  kebersihan tetapi semua personil lingkungan sekolah seperti dari kepala sekolah,guru dan tentunya para siswa siswi SMPN 1 Pallangga juga harus turun tangan menanganinya.Bayangkan saja!! Betapa nyamanya belajar di lingkungan sekolah yang bersih dari sampah,di bawah pohon yang rindang dengan menghirup udara yang segar.Sehinnga lingkungan juga bisa menjadi tempat untuk melakukan proses belajar mengajar.
        Selain itu dengan ada atau tidaknya kata “Peduli Lingkungan” yang akan di  tambahkan kedalam visi misi sekolah, kita harus tetap menjaga  lingkungan agar sekolah menjadi asri,penuh dengan pepohonan dan bunga-bunga sehingga udara yang di hasilkan baik untuk kita hirup.Jadi kesimpulannya penambahan kata  “Peduli Lingkungan” pada visi misi sekolah kita itu sangat berarti bagi semua personil sekolah ini, karena dengan di tambahnya kata tersebut pada kurikulum dan visi misi sekolah menandakan bahwa sekolah kita telah memiliki kriteria yang terkandung di dalam visi dan misi tersebut,sehingga di perlukan peran serta semua personil sekolah untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.
            Lingkungan sekolah yang nyaman tentunya dapat diartikan sebagai lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran. Lingkungan sekolah dapat memberikan pengalaman hidup yang bermakna bagi siswanya. Di lingkungan itu pula siswa dapat menjadikannya tempat belajar yang menyenangkan. Untuk itu perlu mengurangi sifat keformalan dari sebuah sekolah dengan cara mengubah lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang mendukung proses pembelajaran dan bersifat menyenangkan.





LAPORAN UTAMA

PARTISIPASI SISWA TERHADAP SEKOLAH

Nama        : Aliyah Kusuma Dewi
Kelas         : IX.8
Tanggapan   : begitu banyak yang dapat kita lakukan  sebagai   siswa dalam mewujudkan sekolah ini sebagai sekolah adiwiyata. Partisipasi kami sebagai siswa cukup makasimal diantaranya yang kami lakukan membuang sampah pada tempatnya. Memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan hiasan kelas bertajuk lingkungan.

                    
Nama               : M. Akbar Romadhona
                         Nugrah Pratama
Kelas         : VIII.1
Tanggapan   : Siswa Adalah bagian yang paling penting dari sebuah sekolah . siswa memiliki peran penting dalam mewujudkan sekolah ini sebagai sekolah adiwiyata. Bentuk-bentuk partisipasi yang telah kami lakukan sampai sekarrang adalah membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya, menata halaman kelas dengan tumbuhan hijau serta menanami nya dengan bunga-bunga.






OPINI
C360_2014-02-08-13-31-12_org.jpg


SEKOLAH ADIWIYATA !! 
 ketika kita mendengar kata tersebut secara reflex terbayang di pikiran kita sebuah sekolah yang asri, hijau, dan berwawasan lingkungan. Dan gelar tersebut sekarang sedang berusaha diraih oleh sekolah kita, SMPN 1 PALLANGGA. Saya sebagai guru mengaku bahwa untuk meraih sebuah gelar SEKOLAH ADIWIYATA, tidak lah mudah karena kita sebagai pendidik harus mampu memberi pemahaman kepada anak didik kita, apa itu sekolah adiwiyata. Sehingga jika mereka telah mengetahui nya maka, dengan sendiri nya mereka akan melakukan sebuah usaha dan kerja bagaimana cara nya menghijaukan lingkungan. Selain itu kita juga perlu memulainya dari diri sendiri, bagaimana ketika kita memerintahkan siswa untuk membersihkan dan memungut sampah, maka kita sebagai pendidik lah yang harus memulainya terlebih dahulu dengan membersihkan dan jga tidak canggung untuk memungut sampah, sehingga kita mampu membangkitkan rasa semangat di jiwa anak-anak didik kita mengenai cinta lingkungan.
            Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Tujuan Adiwiyata adalah untuk  Menciptakan Lingkungan Pengajaran yang Siswa,Guru dan Warga Sekolahnya Sadar akan Pentingnya Menjaga Lingkungan Hidup dan ikut di dalamnya. sehingga  Sekolah dapat Lebih berperan aktif dalam menciptakan kawasan yang peduli dengan lingkungan dan menciptakan siswa – siswa yang sadar akan  kelestarian lingkungan.  Sehingga dengan sendirinya Siswa dapat membiasakan agar membuang sampah pada tempatnya, mengerti pentingnya memilah – milah sampah dan mengerti bahwa barang bekas bukan hanya untuk dibuang tapi juga dapat dimanfaat kan.
            Selain itu program adiwiyata juga dapat mengurangi dampak global warming, sehingga dalam mewujudkan SMPN 1 PALLANGGA menjadi sekolah adiwiyata, maka perlu peran aktif dari semua unsure sekolah. Nah, kita sebagai guru harus seanntiasa menghimbau kepada siswa-siswa akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Sehingga sekolah kita akan meraih gelar ADIWIYATA. Jika kita telah mampu meraih gelar adiwiyata maka kembali lagi sebuah tugas kita bersama bagaimana cara kita untuk mempertahankan gelar tersebut, agar kepedulian siswa tidak hanya ketika ada lomba maupun penilaian tetapi dapat terus dilakukan sebagai wujud rasa cinta dan peduli lingkungan.
                                                                                                                               Harlina S. pd
Guru IPA (Biologi) SMPN 1 PALLANGGA
                                                                                   



OPINI
Screenshot_2014-02-08-13-13-05.png


Menuju sekolah yang bergelar adiwiyata bukanlah sesuatu yang mudah untuk di raih, Mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan merupakan komitmen sekolah secara sistematis yang mengembangkan program-program untuk menginternalisasikan nilai-nilai lingkungan ke dalam seluruh aktifitas sekolah.
Pembelajaran yang me­nginteg­ras­i­kan tema lingkungan merupakan suatu proses yang disengaja dan ber­kesinam­bu­ngan dalam mengembangkan lingkungan yang hijau dan asri, dengan terlaksananya program adiwiyata ini, maka turut menjadi nilai plus pula sebagai media membentuk karakter siswa.
Pendidikan karakter mem­butuh­kan intervensi dan habituasi agar efektif menghasilkan peserta didik yang tak hanya cerdas  tetapi berperilaku santun terhadap lingkungan dengan cara mengimplementasikan rasa cinta dan peduli lingkungan dalam ke­hi­dupan sehari-hari. Misalnya tidak membuang sampah sembarangan, menanam pohon, hemat energy,air Dan lain sebagainya.
Upaya yang kita lakukan dalam meraih sekolah adiwiyata tidaklah semudah membalikkan telapak tangan . tentu sangat banyak hal yang harus di benahi, mulai dari kegiatan biopori,penataan tumbuhan,pemanfaatan limbah, dan lain sebgainya. Bukan hanya siswa! Guru juga ikut berperan dengan kelestarian sekolah kita SMPN 1 PALLANGGA.
                                                                                    
Hj.Risdana S.Pd
                                                                                  Guru IPA SMPN 1 PALLANGGA
OPINI
DSC05023.jpg

ADIWIYATA.. kata ini telah mampu menyihir warga SMPN 1 Pallangga terbangun dari tidurnya,terbangun dari mimpi-mimpi indahnya untuk meretas impian menggapai sesuatu yang selama ini hanyalah sebuah angan-angan dam mimpi-mimpi manis. Adalah kepala sekolah yang penuh sejuta impian dan kreatifitas mengajak warga SMPN 1 Pallangga untuk berkunjung ke salah satu sekolah unggulan,sekolah internasional,sekolah Adiwiyata, SMPN 2 Maros di Sul-Sel membuat kami tercengang,terkagum-kagum atas keindahannya,kebersihan sekolah sehingga terciptanya suasana nyaman dan aman hingga berlama-lama di sekolah. Kunjungan tersebut telah memotivasi warga SMPN 1 Pallangga untuk bangun,bangkit dan berbenah.
SMPN 1 Pallangga yang dulu ibarat gadis lugu,culun,tampil apa adanya membiarkan potensi yang dimiliki tersimpan rapi dan terselubung dalam tanah terkesan terbiarkan begitu saja tanpa ada rasa peduli dari warganya.
Kini SMPN 1 Pallangga ibarat ABG yang mulai berbenah,bersolek, mempercantik diri. Adalah ADIWIYATA menginspirasi guru dan siswa dalam mengambil sampel menuju sekolah ADIWIYATA. Sungguh suatu anugrah Allah yang luar biasa. Guru-guru dan staf tata usaha memiliki inspirasi,semangat, dan motivasi untuk bangkit. Begitu pula siswa yang termotivasi dari semangat guru-gurunya menyambut dengan tangan terbuka. Meski siswa harus berkotor-kotor ria untuk membabat rumput yang selama ini bertengger manis dan tidur-tiduran di lahan kosong yang begitu luas. Warga SNEPAL rela berhujan-hujan dan berpanas-panasan untuk menanam kembang atau menancapkan aneka tanaman di lingkungan SNEPAL. Siswa begitu bergairah menancapkan besi dan memasangnya dengan leluasa di tanah ditengah derasnya hujan untuk membuat lubang biopori.sementara yang lain dengan antusiasnya belajar mendaur ulang. Lagi-lagi suatu geliat yang menggembirakan namun tentu saja tidak serta merta perilaku itu berubah drastis karna satu sisi yang rumit,masih sulit untuk berubah adalah Membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah apalagi memungut sampah yang berserakan . Kapan yah, hal ini terwujud??? Mari kita menanamkannya sejak dini.

Hj. Nursiah Ichsan S,pd

                                                                   Guru Bhs. Indonesia SMPN 1 PALLANGGA





 ARTIKEL POPULER

BAGAIMANA LANGKAH KREATIF ANDA DENGAN SAMPAH ?

Saat ini sampah bisa kita lihat dimana-mana, terutama di jalanan. Setiap detik TPA  (Tempat Penampung Akhir ) Sampah kian menjerit bahwa sudah tak sanggup menampung lagi. Lihat saja makin lama makin menggunung. Wah lama-lama bumi ini penuh  dengan sampah tak lagi hijau seperti dulu kala.
Siapa yang tak rindu dengan lingkungan yang asri, udara yang sejuk dan air sungai yang mengalir bersih? tapi yang kita  lihat saat ini seringkali sungai yang berisi limbah, udara yang bercampur polusi, lingkungan yang terserak sampah dimana-mana. benar tidak? Eits.. tapi jangan menggeram dulu menyalahkan orang lain. come on koreksi diri kita dulu, sudahkah kita membantu mencegah semua itu terjadi? Jangan-jangan kita malah jadi bagian yang menyumbang dana sampah. Hmmm..
Mungkin kita berfikir bahwa sampah yang berserakan dimana- mana akibat ulah orang dewasa namun ternyata tidak, anak-anak dan remaja pun turut menyumbang sampah di  lingkungan sekolah mereka.kurangnya kesadaran yang kita  miliki adalah penyebab utama dari sampah yang berserakan di lingkungan . seperti pula di sekolah kami masih banyak di temui sampah yang berserakan karena masih kurangnya kesadaran warga sekolah akan kebersihan lingkungan. Namun juga sudah ada siswa yang sadar akan kebersihan lingkungan sehingga sudah tidak canggung lagi membersihkan sekolah.
Nah, untuk mengatasi masalah sampah di sekolah kami yang sebagian besar adalah sampah plastic, maka bapak kepala sekolah mengundang seorang pakar yang memang ahli dalam bidang lingkungan hidup dan kreatifitas sampah yang sekaligus adalah tim penilai untuk sekolah adiwiyata. Yaitu Ibu C. Selry Tanri , yang memperlihatkan dan mengajar kami bagaimana cara mengolah sampah menjadi barang yang dapat dipakai dan berguna. Misalnya , tempat tissue, keranjang buah, bingkai foto, dll. Yang bahan untuk membuatnya berasal dari limbah atau lebih tepatnya sampah plastic. Kegiatan ini kami lakukan pada hari sabtu, tanggal 01 Februari 2014 di ruang guru SMPN 1 PALLANGGA. Ibu selry mengajari kami bagaimana cara menyulap Koran menjadi sebuah tempat tissue yang cantik, juga mengajar kami para siswa dan guru bagaimana cara mengubah sampah plastic khususnya tempat teh gelas menjadi keranjang buah, ataupun sekedar keranjang yang memliki nilai seni.
Kami sangat gembira dengan kedatangan ibu Selry karena beliau kami bisa mengubah sampah menjadi barang berguna, sehingga sampah – sampah di sekolah kami sedikit berkurang volume nya. Juga menjadikan kami lebih kreatif dalam mengolah sampah dan yang paling penting adalah selalu cinta lingkungan dan menjaga kebersihan.


SERBA-SERBI

ROHIS, DAKWAH ISLAM DI KALANGAN PELAJAR

Rohani Islam atau yang sering disebut ROHIS adalah salah satu extrakurikuler yang ada di SMPN 1 PALLANGGA. ROHIS adalah sekumpulan orang-orang atau siswa yang ditempatkan pada wadah tertentu  untuk mencapai tujuan atau cita-cita yang sama dalam badan kerohanian, sehingga siswa-siswi yang tergabung di dalamnya dapat mengembangkan diri berdasarkan konsep nilai-nilai keislaman dan mendapatkan siraman kerohanian. Rohis mengajarkan siswa-siswi untuk lebih rajin beribadah , memperbaiki cara membaca al-quran dan yang terpenting dalam kegiatan ROHIS ini adalah Tarbiyah. Tarbiyah adalah waktu dimana Anggota ROHIS Harus berkumpul dan mempelajari lebih dalam lagi tentang agama islam, sejarah-sejarah islam dan mempererat hubungan kekeluargaan.
 ROHIS adalah salah satu organisasi yang diminati banyak siswa, perkembangan ROHIS sampai sekarang sudah semakin baik. Siswa-siswi sudah sadar akan menjaga kebersihan lingkungan,shalat berjamaah dan shalat dhuha. Dalam Pertemuan tarbiyah pada ROHIS sendiri, para siswa mengaji secara bergiliran dan ketika seorang membaca al-quran maka yang lainnya akan menyimak dam memperbaiki apabila ada kesalahan dalam pembacaan ayat-ayat al-quran sehingga kita dapat mengetahui cara membaca al quran yang benar dan lebih banyak belajar. Tarbiyah nya sendiri dibawakan oleh Pembina ROHIS diantara nya untuk Akhwat (perempuan) Ibu Ramlah S,pd , Kak Nurhidayah. Sementara untuk Ikhwan (laki-laki) Oleh Pak Misbahuddin Nur S,pdi dan Kak Jamaluddin.


( Kegiatan Tarbiyah yang dilakukan oleh anggota Rohis Bagian Akhwat yang dibimbing oleh Ibu Ramlah )
(wawancara oleh anggota Rohis mengenai pendapat mereka tentang SMPN 1 PALLANGGA yang akan mengikuti lomba sekolah adiwiyata)

(foto anggota ROHIS bersama Pembina , Ibu Ramlah )

 Pada awal berdirinya ekstrakurikuler Rohis ini dipelopori oleh beberapa orang siswa yang kritis dengan melihat tantangan era globalisasi yang serba modern dan kebudayaan yang semakin kesulitan untuk difilter tidak hanya akhlak tetapi juga pengetahuan tentang agama Islam yang semakin kurang terpelihara dengan baik, para remaja seraya alergi untuk gabung ketempat-tempat yang berbasis agama karena pemikiran mereka pengajian-pengajian hanya menghabiskan waktu, menjenuhkan dan tidak dikatakan anak gaul. Sehingga dibentuk lah organisasi ROHIS, yang diresmikan oleh kepala sekolah kami pada saat itu bapak DRS, H sarea M,pd pada tanggal 25 maret 2012.
 Salah satu contoh pergerakan yang dilakukan ekstrakurikuler  ROHIS menyeru kepada kebaikan dan mencegah kepada kejahatan, sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Ali Imran ayat 110 “ Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf , dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. “
ROHIS  sendiri telah mampu memberikan prestasi-prestasi yang gemilang untuk mengharumkan SMPN 1 PALLANGGA, antara lain juara 1 lomba tadarrus al quran tingkat kabupaten gowa dan lomba cerdas cermat yang lolos hingga tingkat provinsi. ROHIS juga memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu sekolah dalam mengikuti lomba sekolah adiwiyata. Diantara nya
Ø  Menyumbangkan tenaga untuk melakukan penghijauan seperti menanam pohon
Ø  Meletakkan sampah pada tempat nya
Ø  Dan menjaga kebersihan lingkungan, baik lingkungan sekolah maupun lingkungan kelas namun sebelum itu terlebih dahulu kita harus dapat menjaga kebersihan diri




SERBA-SERBI

SIAP SIAGA PMR SMPN 1 PALLANGGA

SMPN 1 pallangga mempunyai berbagai kegiatan ekstrakuruikuler atau organisasi, di antaranya adalah PMR (Palang Merah Remaja). Di PMR siswa di bombing untuk menjadi seorang sukarelawan yang senantiasa siap membantu para siswa yang membutuhkan pertolongan medis.

DSC05283.jpg
( kegiatan PMR membuat tandu sederhana untuk mengangkat pasien yang sakit)

DSC05295.jpg

Dalam rangka SMPN 1 Pallangga menuju sekolah adiwiyata PMR juga berperan penting dalam mewujudkan sekolah bergelar adiwiyata dengan turut sertanya dalam penghijauan dan kebersihan sekolah.
Adapun kegiatan yang di laukan PMR dalam rangka partisipasinya untuk membantu sekolah kita meraih gelar ADIWIYATA. Di antaranya menjaga kebersiha,melakukan penghijauan dengan menanam pepohonan agar terhindar dari banjir,membantu dan memberi pertolongan kepada siswa jika ada yang kesakitan pada saat upacara ataupun kegiatan lainnya.

DSC05305.jpg
(wawancara oleh anggota Rohis mengenai pendapat mereka tentang SMPN 1 PALLANGGA yang akan mengikuti lomba sekolah adiwiyata)

Palang merah remaja SMPN 1 pallangga telah meraih beberapa prestasi yang cukup mengharumkan nama sekolah kami, di antaranya ialah mendapatkan penghargaan berupa piagam melalui kegiatan paraduta gabungan yang di adakan pihak pusat tidak hanya itu masih banyak prestasi yang telah diraih oleh PMR SMPN 1 Pallangga.

DSC05308.jpg
( Foto Bersama anggota PMR




SERBA-SERBI

BELAJAR BERSAMA KIR ( kelompok ilmiah remaja )

DSC05458.jpgDSC05461.jpg
(Suasana Proses bimbingan belajar di KIR )

Kelompok Ilmiah Remaja ( KIR ) yang biasa disebut dengan youth scince club adalah sebuah organisasi di SMPN 1 Pallangga yang di bina langsung oleh pak Danial S,Pd M,Si dan diketuai oleh A.Nur Afni Awalia. KIR ini sendiri terbentuk pada tanggal 17 Agustus 2004 dan masih aktif sampai sekarang ini.
Berbicara mengenai prestasi KIR merupakan salah satu organisasi yang sering mencetak prestasi untuk SMPN 1 Pallangga mulai dari prestasi-prestsi dalam ajang lomba-lomba ditingat kabupaten,provinsi dll. Salah satu prestasi KIR di tahun 2013, telah berhasil meloloskan 2 orang anggotanya pada OSN(Olimpiade Sains Nasional) tingkat provinsi selawesi selatan untuk mata pelajaran fisika dan biologi.
Di dalam KIR para si9swa dan siswi di bombing untuk lebih berani tampil di depan,membawakan beberapa materi sesuai dengan departemennya masing-masing. Selain itu di setiap pertemuan para anggota KIR diharuskan mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh pembawa materi.
Untuk menjadi anggota KIR tidaklah mudah salah satu syaratnya para siswa dan siswi haru memiliki standar nilai 9 atau 10 di setiap ulangan harian seperti mata pelajaran IPA,Matematika dan juga Bhs.inggris.
Dalam rangka menuju sekolah ADIWIYATA para anggota KIR juga turut berpartisipasi dalam membangun SMPN 1 Pallangga menjadi sekolah ADIWIYATA dengan memberikan layanan lingkungan hidup dan berkontribusi dengan masyarakat disekitar sekolah , mengenai kegiatan masalah peternakan dan pertanian. Menurut pak Danial sejak berdirinya KIR para anggota telah memikirkan tentang lingkungan hidup dan selalu membantu juga membangun SMPN 1 Pallangga karena dalam struktur KIR  SNEPAL telah terbentuk yang namanya pencita lingkungan, kelimpok artikel madding,kelompok fisika,biologi,matematika,bahasa Indonesia,bahasa inggris dan agama sendiri.

DSC05465.jpg
( Pembina organisasi KIR Danial S,pd M,si )




SERBA-SERBI

KLIK SANG PEMBURU BERITA

DSC05469.jpgDSC05160.jpg
( Proses wawancara anggota KLIK terhadap narasumber )

Komunitas jurnalis cilik atau yang sering di singkat KLIK adalah salah satu  ekstrakurikuler yang ada di SMPN 1 Pallangga.Organisasi ini di bimbing langsung oleh ibu Hj.Nursiah Ichsan s.pd.Beliau adalah penanggung jawab dari KLIK. KLIK di bagi menjadi beberapa bidang antara lain Bidang pencari berita, bidang editor dan bidang penerbitan.Masing-masing bidang memiliki tanggung jawab yang sangat besar.Di klik kami di ajar banyak hal, kami di ajar menjadi seorang jurnalis cilik memburu berita di mana dia berada, di ajar berpacu dengan waktu dan semangat yang sangat luar biasa untuk menghadapi semua rintangan yang ada.
    Derasnya hujan,panasnya sinar mentari tak pernah mematahkan  kami untuk mencari berita yang ter-up to date. KLIK ini dibentuk pada tanggal 28 januari 2014 dengan maksud meliput sgala kegiatan yang dilakukan warga SMPN 1 PALLANGGA dalam melakukan kegiatan atau penghijauan menyambut lomba sekolah adiwiyata. Namun tidak hanya itu kami juga berpartisipasi menghijaukan lingkungan , membuat MADING bertema lingkungan, dan yang paling penting meliput berita ataupun kegiatan mengenai
Menarik sekali program Reporter Cilik ini karena ada 10 manfaat yang bisa diperoleh, yaitu:

1.     Membuktikan bahwa keterbatasan (latar belakang seorang anak) bukanlah halangan dalam berprestasi
2.     Membuktikan bahwa dari anak-anak, orang dewasa pun bisa mendapatkan tambahan atau penyegaran pengetahuan
3.    Menumbuhkan kepercayaan diri anak
4.    Melatih kemampuan komunikasi verbal anak
5.     Melatih kemampuan tulisan anak dalam menuliskan hasil reportasenya. Sekaligus melatih daya nalarnya dalam menuangkan isi wawancara (verbal) ke dalam bentuk tulisan Meningkatkan wawasan anak.
6.    Anak akan terlatih dalam menggali sebuah wacana atau permasalahan Menjadi “tabungan” prestasi anak dalam curriculum vitae-nya.
7.     Ini akan bermanfaat di masa mendatang
8.     Mengajar anak membina relasi dengan “orang-orang penting” dan memanfaatkannya untuk kebaikan bersama (bukan untuk kepentingan pribadi semata)
9.    Nilai tambah bagi sekolah, media, dan pemerintah yang serius mengupayakannya
10.  Menjadi sumber motivasi bagi anak-anak lain (bahkan orang dewasa) untuk lebih bersungguh-sungguh berkarya dan mengupayakan prestas




SERBA-SERBI

PEMUDA PEMUDI PRAMUKA

Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana, yang artinya orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Dimana  Pendidikan kepramukaan merupakan proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan (PDK dan MK) yang sasaran akhirnya pembentukan watak.
           Berbagai aktifitas yang menyenangkan dan menarik dapat  menjadi bagian dari cara Gerakan Pramuka untuk membentuk karakter diri individu. Kepedulian dan kebersamaan itu tidak hanya diterapkan didalam organisasi saja tetapi pramuka diharapkan bisa mengaplikasikan kode etnik pramuka yaitu “Dasa Dharma” di kehidupan sehari-hari.Pramuka bukan hanya mengajarkan kita bagaimana bertahan hidup di dunia luar tapi,pramuka juga mengajar kita bagaimana bersahabat dengan alam serta membantu kita melatihseberapa besar kesiapan mental.Bukan hanya itu di dalam pramuka kita juga dituntut untuk menjadi orang yang disiplin serta menghargai waktu


C360_2014-02-04-14-47-36-452.jpg

C360_2014-02-08-15-20-12-872.jpg

           PRAMUKA di SMPN 1 PALLANGGA telah berkembang  bahkan dapat dikatan maju, Pramuka pada beberapa tahun yang lalu berbeda jauh dengan pramuka saat ini. Pramuka yang dulu lebih beradaptasi dengan alam,berbeda dengan pramuka saat ini yang mengikuti perkembangan zaman,semakin berkembangnya zaman maka pramuka juga semakin modern. Namun tetap saja pramuka tidak akan berpisah dengan alam.Dalam artian bagaimana menyatukan alam dengan fasilitas-fasilitas modern yang ada.
           PRAMUKA merupakan organisasi yang sangat menonjol karena prestasi-prestasi yang telah diukirnya untuk  SMPN 1 PALLANGGA. Prestasi terbesar yang pernah diraih pramuka SMPN 1 PALLANGGA ialah mewakili Sulawesi selatan pada lomba LT V di cibubur, jawa barat. Selain itu pada lomba tersebut pramuka putri sebanyak 8 orang mampu menduduki peringkat ke 12, dimana sebelumnya belum pernah ada wakil dari Sulawesi selatan yang mendapat peringkat tersebut. Pramuka juga menjadi juara umum di lomba BOMBERS tingkat maminasata dan juga berhasil menyelenggarakan event terbesar yaitu KOMPAS dimana SMPN 1 PALLANGGA menjadi tuan rumah.

             Bukan hanya siswa yang memiliki peran penting dalam mewujudkan sekolah ini menjadi sekolah yang berbasis ADIWIYATA. Tetapi organisasi PRAMUKA juga memiliki peran yang penting dengan cara berpartisipasi sebaik mungkin.Bentuk-bentuk partisipasi yang telah di lakukan PRAMUKA dalam mewujudkan sekolah berbasis adiwiyata antara lain, membuat taman,kemah Hijau, dan rencananya  akan membuat kincir air bernuansa alam.





BUDAYA
CERPEN

KEKERINGAN

tiga bulan lalu semestinya musim hujan sudah tiba. alih-alih hujan turun, cuaca menjadi bertambah panas dari hari ke hari.. saluran irigasi semakin menyusut airnya, bahkan sudah dua minggu belakangan hampir kering. giman yang tidak memiliki sawah seluas petani-petani lain harus pandai-pandai mengatur strategi agar sawahnya tetap teraliri air. saat ini, air menjadi barang mewah bagi para petani desa brojol. tinggal sebulan lagi masa panen tiba. namun, justru kecemasan yang datang melanda. akankah ia gagal panen untuk ketiga kalinya tahun ini?. tidak, itu sangat menyakitkan bagi seorang petani, apalagi petani miskin seperti giman
.
           dari kejauhan terlihat mbah simo sibuk mengatur aliran air di saluran irigasi. “saya minta bagian air sedikit, mbah!. sudah dua hari sawah saya kering!”. spontan giman berteriak melihat sosok mbah simo. “biar penuh dulu sawahku. memangnya sawahmu saja yang kering!”. lelaki tua itu terlihat gusar.
“lebih baik segera bayar hutang berasmu yang kemarin. tahun kemarin hutangmu sudah ku anggap lunas karena aku kasihan sama anakmu yang mau masuk sekolah. tapi, sekarang jangan enak-enakkan. kau harus bayar, mengerti!”, lanjut mbah simo dengan nada kesal.
“bagaimana saya bisa bayar, mbah, kalau saya tidak bisa panen gara-gara sawah saya kekeringan?!”, sahut giman tak kalah kesal.
“lho…yo ojo nyolot, kowe!. sawahku itu luas. kalau kekeringan, aku ruginya juga besar. tidak bisa dibandingkan dengan sawahmu sing sak iprit kuwi”. giman segera sadar. ia harus menahan diri. ia tidak ingin terlibat masalah dengan mbah simo. bisa-bisa, bunga hutangnya dinaikkan dua kali lipat. sawah mbah simo memang berhektar-hektar. ia tahu, tidaklah cukup mengalirkan air seharian untuk memenuhi sawah-sawah mbah simo. ia harus bersabar sebentar untuk mendapatkan air.
dari balik gubuknya, giman melihat mbah simo mulai menjauhi saluran irigasi. ia segera beranjak dari duduknya. ia berjalan menuju saluran irigasi setelah memastikan bahwa mbah simo benar-benar pergi. giman beraksi, ia menyumbat aliran air yang menuju sawah mbah simo, kemudian ia mengalirkan air ke sawahnya. ah, akhirnya dapat air juga, batinnya. sudah dua hari sawahnya tak teraliri air. keadaan ini akan bertahan setidaknya hingga sore tiba. karena, pada sore hari biasanya mbah simo akan mengecek ulang aliran irigasinya.
***
           “pakde, pakde!. cepat ke sawah, pakde. sawah mbah simo dibakar orang!”. mitro datang tergopoh-gopoh menghampiri giman yang sedang mengumpulkan ranting-ranting pohon untuk kayu bakar. “apa??!. oalah opo maneh iki?”. sontak giman berlari menuju sawah yang tak jauh dari tempat ia mencari ranting kering menyusul mitro yang telah menghilang di balik pepohonan.
giman terkejut bukan kepalang. puluhan orang berkumpul mengelilingi sawah mbah simo dengan obor yang menyala-nyala di tangan mereka. wajah-wajah mereka menunjukkan sikap tak bersahabat. api berkobar menggila oleh angin senja. secepat kilat si jago merah menyambar batang-batang padi menguning di hampir separo bagian sawah milik mbah simo.
“ biar tahu rasa dia. seenaknya saja memonopoli air. dia pikir hanya sawahnya saja yang butuh air!”, kutuk salah seorang dari mereka.
“mentang-mentang orang kaya, suka semena-mena!!”, kutuk yang lainnya.
“dasar pengecut. dimana simo?. kalau berani suruh dia lawan orang satu kampung!!” suara lain menyahut geram.

            mata giman menyapu kerumunaan orang-orang. ia mengenali sosok-sosok tubuh itu. mereka adalah para tetangga giman. dikun, parjo, sarjono, lukito. hampir orang satu kampung!. mereka kalap dan terus mengumpat-umpat. mereka melemparkan obor dengan membabi buta ke tumpukan batang padi kering di tepi sawah. kembali api berkobar semakin besar, melahap habis padi-padi yang hampir panen.
“tunggu!. jangan…!. jangan sawahku!”, reflek giman berlari mendekat tidak dapat mencegah merambatnya api dari obor yang terlempar. api menjalar merenggut satu per satu batang padi di sawah giman.
“oalah, gusti!. kumohon matikan apinya. itu sawahku..!!!”. tak ada yang peduli. tak ada yang mendengar. riuh redam umpatan orang-orang itu menelan teriakan giman. ia terduduk lesu. ia ingin menangis seperti bayi, jika tidak teringat akan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga yang harus tegar menghadapi apapun.

SUMBER : Rohmah






PUISI

NAMA KU “ALAM”

                                                                                                Karya : Nurul Ramadhani

Perkenalkan, namaku adalah alam
Aku adalah habitat bagi flora dan fauna
Dimana bagi hewan-hewan aku adalah rumah mereka
Tempat mereka tumbuh
Berkembang biak, dan mencari makan
Melakukan semua aktivitas kehidupan alam

Bukan hanya hewan
Tumbuhan pun merasakan hal yang sama
Tumbuhan melakukan fotosintesis dengan energy terbesar ku


Aku juga slalu memberi kesejukan bagi penduduk bumi
Aku memberikan oksigen bagi manusia
Aku juga memberikan sumber daya bagi mereka
Aku pun memberikan pesona keindahan tubuh ku yang sangat menakjubkan
Memberikan mereka energi, kekuatan, kegembiraan
Dan apa yang mereka inginkan

Semua itu adalah pada saat bumi masih dalam keadaan stabil
Ketika bumi tidak dipenuhi orang orang serakah dan tamak
Menggunakan sumber daya alam ku seperlunya

Tapi kini
Manusia hanya memikirkan kepentingannya sendiri
Mereka tak pernah memikirkan aku
Mereka slalu ingin lebih atas apa yg telah diberi oleh Allah
Ketamakan, kerakusan, pemborosan
Telah membawaku kepada kerusakan dan kehancuran

Lihat apa yang telah mereka perbuat padaku
Setelah apa yang aku berikan pada mereka
Setelah apa yang aku sediakan untuk hidup mereka
Mereka membalasnya dengan merusakku
Menebang pohon pohonku
Memberikan polusi padaku
Memburu hewan hewanku
Membakar hutan-hutan ku
Menghabiskan sumber daya ku
Dan merusak ozonku
Dengan zat zat yang dulu tak pernah ada di bumi ini

Apakah tak ada kesadaran sedikit pun dihati mereka?
Apakah tak ada rasa iba mereka atas rusaknya diriku?
apakah mereka tak sadar bahwa dengan merusakku mereka telah menghancurkan diri mereka sendiri

Ketika aku telah rusak parah karena tangan-tangan jahil manusia, mereka tak akan mendapat kebahagiaan dan kenyamanan hidup , manusia akan sengsara karena oksigennya telah tercemar..
Karena alam tempat mereka tinggal telahh rusak dan sebentar lagi hancur.




“HUTAN”
                                                                                                Karya : Nurul Ramadhani

Pohon kini enggan tumbuh
Karena tempatnya sekarang telah gersang
Hujan yang mengguyur hanya sekilas
Tak ada resapan setetes air pun yang tersisa

Kita lihat asal muasal hutan itu
Ketamakan manusia menjadi biang keladi
Di babad lah semua pohon untuk diambil kayu nya
Dan sebagian pohon itu dibakar jua

Mungkin si pohon telah bosan dengan semua ini
Berakhir lah perjanjian suci simbiosis mutualisme
Manusia lah yang pertama kali mengakhirinya
Langkah selanjutnya pohon-pohon pun enggan tumbuh

Kini manusia merayu-rayu si pohon
Agar tumbuh seperti dulu  dan
Hadir di setiap  penjuru hutan

Namun Sia-sia saja
Si pohon masih juga enggan untuk tumbuh
Sekarang …
Merugilah manusia, akibat ulahnya
Kita kehilangan paru-paru dunia
Semuanya berubah
Tak seindah dulu lagi……….




“Amarah sang alam”
                                                                        Karya : rahayu ashari

Setiap detik ku memberi mu udara
Setiap hari ku memberi makanan untukmu
Tapi apa yang kau balaskan kepada ku?
Hanyalah penyiksaan yang aku dapat

Hutan ku, kini tak ada lagi yang merawatnya
Laut ku yang jernih telah kotor
Pegunungan yang subuh telah layu
Aliran sungai kini tak ada lagi

Apa yang kalian lakukan?
Kalian hanya bisa merusak tanpa tahu memperbaikinya.
Jangan salahkan aku jika bencana menimpa mu
Tsunami yang dahsyat,gunung yang meletus
hutan yang kekeringan dan banjir yang terjadi dimana-mana

kalian memang tak tahu balas budi
kini,, amarah ku telah datang




 “Hilangnya Hijau Ku                                       
Karya : Nouva dahlia           
Sedikit demi sedikit
Hari demi hari
Waktu demi waktu
Semua mulai hilang
Semua akan menjadi seperti sebutir pasir

Tak khawatir kah kau melihat hijau ku mulai hilang
                                                                        Tak sedih kah kau bila hijau ku punah
                                                                        Ingat, tanpa ku kau bukan apa-apa
                                                                        Tanpa ku tak ada kehidupan bagi mu

Kau menggantungkan hidup pada ku
Kau menjadikanku sumber untuk mu
Tapi pernah kah kau memberikan sesuatu
Sungguh tidak pernah, justru kau lah yang merusak ku
                                                                       
                                                                        Tak tahu kah kau jasa…….
                                                                        Tak tahu kah kau berbalas…..
                                                                        Tak tahu kah kau berfikir
                                                                        Tak tahu kah kau peduli
                                                                        Hijau ku untuk mu, kau hilangkan




“Kepergian sang kehidupan”

Karya : Nur  Failia Majid

Di mana ?
Dimana diri mu
Hilang tak tau kemana
Meninggalkan sebuah goresan
Angin yang selalu menyapaku di kala senja
Air yang selalu membasahi dahaga ku
Tanah yang selalu menopang telapak kaki ku
Api yang selalu menghangat kan ku
Semuanya telah hilang
Angin menjadi pusaran bumi
Air menjadi mulut penenggelaman ku
Tanah menjadi lubang ke amarahan
Api menjadi sang jago merah yang membara
Setetes dari mu menenggelamkan ku
Hembusan mu menerbangkan ku
Segunduk dari mu menghilangkan ku
Percikan dari mu menjadikan ku abu
Semua itu berawal dari aku
Berawal dari satu cubitan pedih
Satu injakan menenggelamkan
Dua sisi mengekalkan
Hingga berakhir bencana keamarahan
Amarah mu meninggalkan duka
Dengkian mu melumpuhkan
Kehilangan mu menghapuskan nya
Kepergian mu menggoreskan kepedih

Sunggu tak ku sadari
Air kini bernaung di atas telapak tangan
Seakan hanya angin berlalu
Sulit tuk mengenggam mu
Ini semua karenaku
Mencoret tinta di atas kertas suci
Meniupkan secercah abu
Menghapus jejak mu



                     
                              HUJAN
                                              Karya : Resky Nur Alifa
Saat terang berubah menjadi gelap
Saat semua berubah dengan seketika
Tetesan air itu jatuh dari langit gelap
                                                                        Tetesan  itu saling berlomba
Bagai pelari estafet
Yang berlomba menuju garis finish
Suara derasnya menghantam bumi
Membuat hewan dan tumbuhan bersuka ria
Bernyanyi gembira di bawah derasnya hujan
                                                                        Air yang turun dari langit itu
Seakan tak bersalah
Bersih, bening, seakan tak berdosa
Namun semua tak berlangsung lama
Jikalau matahari telah  muncul kembali
Ia akan kembali menyembunyikan dirinya dibalik awan
Menunggu hingga saatnya muncul sebuah pelangi




GALERI FOTO

DSC05001.jpgDSC05011.jpg
( Kerja bakti siswa dalam pembersian dan penghijauan Hutan sekolah )
DSC05101.jpgDSC05154.jpg
(    kegiatan workshop mengenai Adiwiyata   )
DSC05315.jpgDSC05171.jpg
(  Pembuatan lubang Biopori  )                                           ( Proses pembuatan Green house Sekolah )

DSC05200.jpgDSC05084.jpg
(  Kehijauan dan kebersihan di setiap halaman ruangan    )
DSC05366.jpgDSC05370.jpg
( Kegiatan penanaman bibit pohon oleh siswa di halaman sekolah )
DSC05385.jpgDSC05392.jpg
( Kegiatan mendaur ulang limbah plastik dan kertas )
 

(
( Piala-piala yang telah diraih oleh SMPN 1 PALLANGGA)





PROFIL GURU BERPRESTASI

KIAT-KIAT MENJADI GURU BERPRESTASI

DSC05489.jpg

          Untuk menjadi guru yang dalam artian “berprestasi” maka kita perlu memulainya dari diri sendiri, jika kita menyuruh teman sesama guru untuk rajin masuk mengajar, maka kita juga harus rajin datang mengajar dengan tepat waktu, KARENA KETELADANAN itu sangat penting sekali, bagaimana kita bisa menyuruh teman-teman untuk berbuat baik, sementara kita tidak mampu melakukan apa yang kita perintahkan. Itu yang pertama
           Yang kedua , taati peraturan-peraturan yang ada, banyak sekali sekali aturan- aturan yang ada di sekolah ini salah satunya seperti yang saya katakan tadi yaitu, masuk mengajar tepat pada waktunya. Karena guru itu tidak hanya sebatas mengajar. Dalam UU kode etik  guru ada 7 tugas guru yaitu, MENGAJAR, MENDIDIK, MENERANGKAN , MEMBINA, MENILAI, MELATIH, DAN MENGEVALUASI PESERTA DIDIK. Sebagaimana kita ketahui bahwa Kode etik guru Indonesia adalah norma dan asas yang disepakati dan diterima oleh guru-guru Indonesia. Sebagai pedoman sikap dan perilaku dalam melaksanakan tugas profesi sebagai pendidik, anggota masyarakat dan warga negara. Namun, banyak orang mengira bahwa tugas seorang guru hanya sekedar mengajar melatih mendidik mengarahkan dan sebagainya, mengajar itu tranformasi dari ilmu pengetahuan . sebab sesungguhnya banyak sekali kepribadian anak yang perlu kita bentuk sebagai seorang guru.
            Menurut saya rencana kita untuk menjadi sekolah yang berbasis adiwiyata adalah hal yang sangat bagus,yang pertama tujuan kita terlalu picik jika kita hanya ingin menjadi juara,Karena saya menyimak penjelasan bapak kehutanan bahwa dia tidak akan membantu kita jika semata-mata hanya ingin menjadi juara pada lomba adiwiyata,meskipun suatu saat kita tak menjadi juara setidaknya kita telah membuat sekolah kita menjadi sekolah yang berbasis lingkungan.Cobalah kita lihat hikmanya ketika SMPN 1 Pallangga di tunjuk untuk mewakili gowa dalam lomba adiwiyata,begitu besar partisipasi dan kerja sama baik dari guru maupun siswa seperti yang mereka lakukan membawa pohon,bunga,maupun bibit tummbuhan yang akan di tanam di sekolah.
          Mereka begitu bersemangat dan antusias meskipun dalam waktu yang sangat singkat harus memenuhi persyaratan untuk menjadi sekolah yang berbasis adiwiyata.Kita bisa lihat perbedaan antara satu bulan yang lalu dengan sekarang,yang pertama penghijauan kini ada di mana-mana berkat kerja sama antara siswa dengan guru, yang kedua kebersihan lingkungan sekolah semakin terjaga,dengan begini sudah tidak ada lagi siswa yang canggung untuk duduk di depan kelas mereka berbeda dengan dulu mereka enggan untuk duduk di tempat tersebut karena kotor.
          Jadi saya kira hikmah yang bisa kita tarik dari ini semua adalah semangat kebersamaan, semangat kebersihan dan sebagainya.Menjadi Juara memang sangat kita inginkan tetapi,itu yang kemudian menjadi prioritas yang pertama yang penting kita telah memberikan yang terbaik untuk sekolah kita dengan cara meningkatkan rasa kerja sama antara guru dan siswa.




PROFIL SISWA BERPRESTASI
C360_2014-02-05-15-33-38-097.jpg

Nama               : A. Nur Afni Awalia
Kelas              : IX.1
TTL                : Ujung Pandang, 13 Juni 1999
Alamat            : BTN.Pelita Asri Blok R/13
Hobby             : Membaca
Cita-cita         : Sukses DUNIA dan Akhirat
Prestasi           : a. Passing Grade peringkat 1 OSN Fisika kabupaten Gowa tahun 2013
                           b. Duta kab. Gowa dalam Jambore sanitasi dan air minum tahun 2013
                           c. Peringkat umum 1 tahun ajaran 2011/2012
                           d. Peringkat umum 2 tahun ajaran 2012/2013
                           e. wakil SMPN.1 Pallangga dalam OSN Fisika kab.Gowa tahun 2013

                           f. salah satu wakil Kab.Gowa dalam OSN Fisika provinsi SulSel tahun
      2013
                           g. wakil SMPN.1 Pallangga dalam OSN Matematika kab.Gowa tahun 2012

Pendapat Saya :
            Berbicara mengenai program-program sekolah adiwiyata yang mulai diterapkan di SMPN 1 Pallangga, sebagai seorang siswi SMPN 1 Pallanga saya sangatlah senang dan bangga, tentunya. Karena menurut saya, ini merupakan suatu kebanggaan besar bagi SMPN 1 Pallangga dapat menjadi salah satu sekolah yang berkesempatan mendapat gelar ‘sekolah adiwiyata’. KESEMPATAN TIDAK DATANG DUA KALI. Maka dari itu, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh seluruh warga sekolah SMPN 1 Pallangga, baik para guru,siswa,maupun warga sekolah lainnya. Hal ini dapat menjadi motivasi atau dorongan bagi seluruh warga sekolah untuk lebih meningkatkan kepedulian serta kecintaan terhadap lingkungan dalam upaya menghijaukan lingkungan sekolah SMPN 1 Pallangga.
            Menurut saya, SMPN 1 Pallangga mampu meraih gelar “Sekolah Adiwiyata” jika semua warga sekolah telah sadar sepenuhnya akan pentingnya menjaga kebersihan dan kehijauan lingkungan sekolah.




PROFIL SISWA BERPRESTASI 2

Nama               :Nurul Ramadhani
Kelas              : IX.1
TTL                : Sungguminasa, 24 Desember 1998
Alamat            : Jl. Budaya Borong Untia
Hobby             : Membaca, olahraga bulu tangkis
Cita – cita      : Dosen Ipa Biologi
                          Sukses Dunia Dan Akhirat
Prestasi           : a. Passing Grade peringkat 1 OSN Biologi kabupaten Gowa tahun 2013
                           b. Juara 1 CCA (Cerdas Cermat Agama) SE-Kab Gowa
                           c. Peringkat umum 3 tahun ajaran 2011/2012
                           d. Peringkat umum 3 tahun ajaran 2012/2013
                           e. wakil SMPN.1 Pallangga dalam OSN Biologi kab.Gowa tahun 2013
                           f. salah satu wakil Kab.Gowa dalam OSN Biologi provinsi SulSel tahun
      2013
                           g. salah satu wakil SMPN.1 Pallangga dalam CCA (Cerdas Cermat Agama)
      tahun 2013

Pendapat saya :
Program Adiwiyata yang bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat pembelajaran siswa sehingga dapat bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan. Pengelolaan lingkungan sekolah melalui program Adiwiyata memerlukan kesadaran dan tanggungjawab siswa yang dibangun dari persepsi dan kepedulian siswa. Sehingga dengan adanya Program Adiwiyata Ini dapat membentuk pribadi siswa yang cinta dan peduli lingkungan.
Menurut saya, sekolah kita akan mampu meraih gelar adiwiyata jika semua unsure sekolah memiliki kesadaran akan pentingnya peduli terhadap lingkungan, apalagi siswa-siswi disini ketika tahu bahwa sekolah kita akan ikut ajang sekolah adiwiyata, sangat antusias. Ditunjukkan dengan kita sudah tidak canggung memungut sampah lagi, dan tanpa perintah berusaha menghijaukan sekolah ini dengan membawa pot beserta bunga nya untuk menata area kelas dan sekolah. Jadi menurut saya, sekolah kita akan mampu meraih gelar adiwiyata jika kita semua sebagai warga SMPN. 1 PALLANGGA sadar akan pentingnya kebersihan, dan cinta lingkungan. Serta jika usaha penghijauan kita ini terus ditingkatkan.




BERITA RINGAN

“BIOPORI, LUBANG RESAPAN BANJIR”

 Apa itu Biopori ?Biopori adalah liang atau terowongan-terowongan kecil di dalam tanah yang terbentuk akibat aktivitas perakaran tanaman dan berbagai fauna tanah, seperti cacing, rayap, semut, dan lain-lain. Biopori yang terbentuk akan terisi udara, dan akan menjadi tempat lewatnya air di dalam tanah sehingga memperlancar peresapan air ke dalam perkembangan akar tanaman serta populasi dan aktivitas fauna tanah.

pembuatan biopori telah dilakukan disekolah kami SMPN 1 PALLANGGA, tujuan pembuatan biopori adalah Meningkatkan daya peresapan air dan cadangan air tanah, Mengubah Sampah Organik menjadi Kompos,Mengurangi emisi CO2 dan Metan,dan Mengatasi penyebab penyakit yang ditimbulkan oleh adanya genangan air. Sehingga dengan dibuatnya lubang biopori di sekolah kami untuk menyerap genangan air jika terjadi hujan deras. Sehingga tidak terjadi banjir.
Adapun proses pembuatan biopori nya ialah :
1.         Membuat lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diameter 10 sampai
30 cm.
2.        Kedalaman lubang kurang lebih 100 cm atau tidak sampai melampaui muka air tanah.
3.        Jarak antar lubang antara 50 - 100 cm.
4.        Mulut atau pangkal lubang dapat diperkuat dengan adukan semen selebar 2 - 3 cm
    dengan tebal 2 cm di sekeliling mulut lubang, supaya tanah tidak jatuh ke dalam
    lubang (longsor).
5.        Potongan pipa paralon atau bambu betung berdiameter 10 cm juga dapat digunakan
   sebagai penguat mulut lubang resapan biopori.
6.        Lubang diisi dengan sampah organik yang berasal dari sampah dapur, sisa tanaman, dedaunan atau pangkasan rumput. Bila lubang yang dibuat berdiameter 10 cm dengan kedalaman 100 cm, setiap lubang dapat menampug kurang lebih 7,8 liter sampah organik. Fauna tanah seperti cacing dan semut, akan datang dengan sendirinya ke dalam lubang untuk mencari perlindungan dan bahan makanan. Fauna tanah tersebut akan berkembang biak menciptakan biopori yang dapat mempercepat laju peresapan air dalam lubang serta mempercepat perombakan sampah organik menjadi kompos.
7.        Sampah organik perlu ditambahkan ke dalam lubang yang isinya sudah berkurang dan menyusut akibat proses pelapukan.
8.        Kompos yang terbentuk dalam lubang dapat diambil pada setiap akhir musim kemarau bersamaan dengan pemeliharaan lubang resapan.

Pembuatan lubang biopori di sekolah kami dilakukan oleh siswa kelas IX. Yaitu , Andi Arfan, Ghazali Faisal, Hasbi Ananda. Mereka melakukan nya dengan sukarela karena menurut mereka pembuatan lubang biopori sangat bermanfaat untuk sekolah nya. Adapun potret kegiatan kami pada saat pembuatan biopori:





(Pelubangan Biopori oleh siswaSMPN 1 Pallangga pada hari Kamis 30 Januari 2014 )



TIPS
PERSIAPAN MENJELANG UN

·         Jaga kesehatan
Tentunya hal pertama adalah menjaga kondisi badan. Bagaimana mau belajar jika badan kita sakit, loyo, kurang gairah de el el. Kesehatan itu mahal sob, coba bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan jika kita berobat kedokter, atau berapa kerugian yang ditimbulkan jika badan kita loyo, gak bergairah dan lemes... masa depan yang akan jadi taruhannya.

So. mulai sekarang jagalah kesehatan kamu, bisa dengan berolah raga secara teratur, lari pagi setelah sholat shubuh sambil ngecengin cewek cewek cantik dipinggir jalan, atau apapun itu. Dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat.
·         Ikuti program pembelajaran disekolah dengan baik
Jika badan kita sehat, penuh semangat, maka hidup kita akan dipenuhi dengan gairah dan kebahagiaan. Dalam mengikuti program pembelajaran di sekolah pun lebih bersemangat.

Terkadang, terlalu banyak program belajar yang dicanangkan sekolah justru membuat kita merasa bosan, hmmm gimana nih? yups kuncinya adalah kondisi badan dan pola pikir di otak kita. perbaiki pola pikir dan jaga selalu kesehatan. Think different sob !!
·         Persiapkan diri dengan banyak berlatih dengan soal
Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional ya seperti itu, soalnya pun tidak jauh berbeda. Untuk itu banyak banyaklah berlatih soal, pahami setiap bentuk soal. Pada dasarnya yang berbeda hanyalah susunan kalimatnya saja, konsepnya tetap sama. Satu konsep kamu kuasai, insya Allah soal seperti apapun akan mudah kamu hadapi.
·         Buat jadwal belajar mulai sekarang, dan fokuslah pada satu hal
Yang ini juga ga kalah penting sob, suatu hal yang terstruktur dan terpola secara rapi maka hasilnya juga akan memuaskan. Sebagai contoh jadwal harian yang pernah aku buat, hari senin belajar bahasa Indonesia, hari selasa khusus belajar matematika, hari rabu mempelajari sains/ipa (biologi, fisika, kimia), hari kamis belajar bahasa inggris, dan seterusnya.

Sisakan waktumu cukup satu jam perhari untuk fokus belajar satu mata pelajaran. Dan sisanya kamu bisa bermain sepuasnya sebagai hadiah dari belajarmu, insya Allah jika kamu konsisten dengan jadwal yang sudah kamu buat, hasilnya pasti dahsyat :D.

·         Belajar kelompok, bahas soal saling bantu
Kadang kala, belajar sendiri tidak selalu menyenangkan, jika kamu tipe orang yang suka belajar bareng, mungkin tips ini cocok buat kamu, pahamilah diri sendiri dan lakukan kemauanmu sendiri, dengan begitu kamu akan menikmati belajar, lebih enjoy dan ga ada rasa terpaksa.
·         Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan
Belajar pada saat paling mood, meski sebentar akan tahan lama di memori. Itu sebagian saran dari temanku, tapi kapan mood belajar itu muncul? Hmmmm bisa jadi mood itu baru muncul saat Ujian Nasional telah usai, ha ha bisa kacau kalau kayak gini. :))

Solusinya kita harus menciptakan mood untuk belajar. Caranya? Dulu waktu kita pertama kali belajar naik sepeda, meskipun terjatuh berkali-kali kita tidak pernah menyerah, sampai akhirnya kita lihai menaikinya. Pada saat seperti itu, apakah kita ngerasa sedang belajar? Ya, tapi apakah kita bosan untuk mencoba dan terus mencoba sampai bisa? Tidak, yups itu jawabannya, ciptakan suasana belajar yang mengasyikkan, menyenangkan, bila perlu jalan-jalan sambil baca buku, memancing sambil belajar teorema pytaghoras etc. Lakukan hobimu dan selingi dengan belajar, pasti lebih asyik dan bermakna
·         Berdo’a dan mintalah do’a restu dari kedua orang tua
Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua kamu. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu.

Tentunya tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain!!.
·         Jangan lupa sarapan sebelum mengerjakan soal
Ini penting!!, saking semangatnya mengikuti UN, kita sampai lupa hukum kekekalan energi bahwa kita ga bisa berpikir maksimal kalau perut belum terisi (logika gak jalan tanpa logistik bro!!)
·         Manfaatkan moment sesaat sebelum ujian untuk mereview materi ujian
Sekedar memancing ingatan agar lebih mudah digali saat mengerjakan soal, kita bisa membuka-buka lagi materi pelajaran yang sudah kita pelajari sebelumnya, tapi bukan dibaca keseluruhan, hanya direview sesaat.

Sumber :kompasiana.com






TIPS
MENJADI SISWA YANG TELADAN

Setiap orang tua pasti ingin mempunyai anak yang bisa menjadi siswa yang baik. Guru-guru di sekolah juga demikian. Mereka mendambakan anak didiknya mempunyai mental dan tingkah laku yang baik pula. Bagaimana cara kita mengabulkan harapan orang tua dan para guru?

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah baik dengan maupun tanpa pr / pekerjaan rumah. Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik.

Berikut ini adalah tips dan triks yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian :

1. Belajar Kelompok
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

2. Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan kita sendiri

3. Membuat Perencanaan Yang Baik

Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan menargetkan yang yang nomor satu jika saat ini kita masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.


4. Disiplin Dalam Belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah.

5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya

Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang kita tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman. Selain itu

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun
Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

7. Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian

Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat kita curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila kita melakukan kecurangan.

Sumber :kompasiana.com



TIPS
BAGAIMANA MENJADI PELAJAR YANG BERPRESTASI

Menjadi pelajar yang berprestasi adalah dambaan setiap orang, namun tidak semua orang bisa menjadi orang berprestasi. Prestasi belajar sesunggunya bisa di capai oleh semua orang tak mengenal ia kaya,miskin, orang yang berasal dari kota atau pedesaan semuanya bisa berprestasi. Di bawah ini beberapa hal yang harus dilakukan agar kita menjadi orang berprestasi :
1.         Sucikan Niat/Luruskan niat
Dalam ajaran Islam niat merupakan hal yang utama apabila sesorang akan melakukan pekerjaan atau aktvititas, terlebih aktivitas yang berhubungan yang bernilai ibadah. Mencari ilmu atau belajar dalam Islam adalah sebuah kewajiban yang telah ditentukan ketika manusia lahir sampai dengan masuk liang lahat kembali, serta mencari ilmu juga merupakan ibadah. Jadi mari kita luruskan niat kita dalam belajar selain untuk menambah wawasan juga adalah untuk ibadah kepada Allah.
2.        Kesungguhan Dalam belajar
Menjadi pelajar yang berprestasi memerlukan kesungguhan dalam belajar, dalam Islampun dijarkan barang siapa yang bersunguh-sunguh maka ia akan berhasil. Oleh sebab itu sekolah bukanlah sekedar untuk bermain, mencari teman, Jajan dan lain sebagainya tetapi sekolah adalah aktvititas belajar yang memerlukan kesungguhan.
3.        Disipin dalam menggunakan Waktu
Time Is money atau waktu adalah pedang, beberapa Istilah ini sangat populer dalam kehidupan kita sehingga orang barat sering mengatakan waktu adalah uang, oleh sebab itu mereka tak ingin menggunakan waktu dengan sia-sia. Disiplin dalam menggunakan waktu merupakan hal yang utama untuk mecapai sebuah keberhasilan secerdas dan sekaya apapun kita tanpa displin maka prestasi itu takan pernah kita bisa capai. Disiplin dalam waktu harus kita lakukan dalam kehidupan sehari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Cobalah kita buat agenda kita seperti mulai dari aktivitas tidur, sholat, mengaji, belajar, bermain, berolahraga, ikut les dan lain sebagainya, apabila jadwal ini bisa kita lakukan dengan disiplin insyaallah kita akan menjadi orang –orang yang berprestasi.
4.        Percaya diri
Percaya diri merupakan hal yang penting bagi setiap orang, karena kita harus percaya pada kemampuan yang kiti milki. Banyak orang yang tidak percaya diri karena merasa dirinya tidak padai, sehingga akhirnya harus tergantung pada orang lain. Setiap orang sesungguhnya harus merasa percaya dengan kemampuan yang dimilkinya betatapun hasil prestasinya tidak sebagus yang dicapai orang lain tetapi itulah hasil maksimal dari percaya diri yang dimilki.
5.        Tentukan Target
Pada perjalanan setiap manusia tentu selalu punya tujuan kemana kita akan melangkah dan apa yang akan kita lakukan. Jika kita ingin memiliki prestasi maka kita harus memilki target dalam belajar, berapa nilai yang harus kita capai. Misalnya kita memiliki target nilai Matekmatika 80, Bahasa Indonesia 90, menang kejuaran olimpiade, kejuaran Futsal dan lain-lain sebagainya. Semua target yang sudah kita tentukan harus dilakukan secara maksimal agar target-target tersebut bias tercapai.
6.        Tumbuhkan Motivasi
Motivasi atau dorongan perlu dimilki oleh setiap orang baik motivasi dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Pelajar yang berprestasi adalah pelajar yang memiliki motivasi besar untuk maju, maka dia akan selalu memberi semangat pada hatinya untuk semangat dalam belajar.
7.        Ikuti kegiatan berorganisasi dan Ekstrakurikuler
Berorganisasi merupakan hal yang menyenangkan agapan organisasi dapat mengganggu pelajaran adalah anggapan yang salah. Justru banyak orang yang berprestasi dengan berorganisasi, para pemimpin negeri ini atau para intelektual yang ada pada bangsa ini juga adalah para alumni organisasi baik organisasi kesiswaa, mahasiswa, masyarakar, pemuda dan lain-lain. Ikut berorganisasi dapat melatih kemandirian,disiplin dan kepekaan siswa dalam hidup ber sosial. Bagi para pelajar yang ikut organisasi juga mempunyai prestasi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.
8.         Kita semua punya prestasi
Sesungguhnya setiap diri kita memilki prestasi karena prestasi itu bukan dilihat dari kemampuan itelektual atau kognitif saja, tetapi setiap kelebihan yang kita milki dan berguna bagi orang banyak adalah prestasi juga. Ingat tak mungkin Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sama, oleh karena itu dalam prestasipun kita memilki perbedaan ada yang berprestasi dalam akademik, kesenia, olahraga dan lain sebagainya.
9.        Minta doa dari orang tua
Ridho Allah tergantung ridho orang tua, jadi mintalah doa dari orang tua dalam setiap langkah yang kita lakukan Agar Allah memberi kemudahan dalam aktivitas belajar kita.
10.       Sholat dan berdoa
Segala Ikhtiar atau usaha sudah kita Lakukan yang terakhir adalah kewajiban kita melaksanakan perintah Allah salah satunya adalah sholat dan berdoa, semoga semakin sering kita mendekatkan diri kita pada Allah semakin Allah memberi kemudahan kepada kita.
“Selamat mencoba dan tetap bersemangat”
Sumber :kompasiana.com




PROFIL SEKOLAH
https://si0.twimg.com/profile_images/2590875296/Smpn1pallangga_20659209466241788.JPG

SMP Negeri 1 Pallangga berdiri di atas tanah seluas 19,643 m2. terletak di Kampung Cambaya Kelurahan Mangalli Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa dengan pendirian Nomor 0038/C/1977 tanggal 1 April 1977.
SMP Negeri 1 Pallangga dengan NSS/NDS : 201190304005 mengalami perkembangan pesat baik dalam jumlah rombongan belajar maupun jumlah bangunan/ruang belajar.
Awal SMP Negeri 1 Pallangga hanya terdiri dari 10 rombongan kelas pada, tahun 1977 yang diprakarsai oleh tokoh pendidikan di kecamatan Pallangga, yakni Bapak Almarhum Bakka Dg Tobo (mantan Ketua BP3) dan Bapak Siama Dg Leo (wakil Ketua BP3).
Berdirinya SMP Negeri 1 Pallangga dilatarbelakangi oleh tuntutan kebutuhan pendidikan yang sangat mendesak oleh warga. Oleh karena itu sekolah ini terus berbenah diri mengembangkan jumlah kelas dan mengembangkan prestasi sekolah, prestasi peserta didik dan guru serta Kepala Sekolah.
VISI DAN MISI
MOTTO
Identitas sekolah
1.     Nama Sekolah                      : SMP Negeri 1 Pallangga
2.    NSS                                        : 201190304005
3.    Tipe Sekolah                          : A
4.    Alamat Sekolah                     : Jl. Pembangunan No.3 Cambaya Kab. Gowa
5.    Telepon                                   : 0411 842916
6.    Status Sekolah                     : Negeri
7.    Luas Tanah                            : 19.643 m3
8.    Status Kepemilikan              : Hak milik
9.    Nama Kepala Sekolah          : Mas’ud Kasim, S.Pd, M.Pd
Komposisi Organisasi SMP Negeri 1 Pallangga
1.     Kepala Sekolah                                  : Mas’ud Kasim, S.Pd; M.Pd
2.    Wakil Kepala sekolah                                   : Ismail Baramang, S.Pd
3.    Wakasek Kurikulum                          : Hj. Nurmi, S.Pd
4.    Wakasek Kesiswaan                          : M. Sunusi, S.Pd
5.    Wakasek Sarana dan Prasarana     : Danial, S.Pd; M.Si
6.    Kaur  Tata Usaha                             : H. Jumalang, S.Sos
7.    UKS                                                     : Hasmawati, S.Pd
8.    Bidang Konseling                               : Hamid, S.Pd
9.    Kerohanian                                         : Drs. H. Muh. Nur
10.  Pramuka                                             : H. Darmawangsa, S.Pd
11.  Perpustakaan                                     : Henny Susilawati, SE
12.  Kepala Lab Fisika                              : Hj. Risdana, S.Pd
13.  Kepala Lab Biologi                             : Sulastri, S.Pd
14.  Kepala Lab Komputer 1                    : Drs. Hilal

Perkembangan Rombongan belajar
No. nNo
TahunTahun
Rombongan belajar
RuanRuang kelas yang tersedia
1
1977
10 kelas
10 kelas
2
1981
13 kelas
13 kelas
3
1984
15 kelas
15 kelas
4
1987
17 kelas
17 kelas
5
1991
20 kelas
20 kelas
6
1994
23 kelas
23 kelas
7
1996
25 kelas
25 kelas
8
1998
26 kelas
26 kelas
9
2000
27 kelas
27 kelas
10
2006
28 kelas
28 kelas
11
2009
30 kelas
30 kelas
12
2010
33 kelas
33 kelas
13
2011
37 kelas
33 kelas
14
2012
46 Kelas
33 kelas


Jumlah Peserta Didik
KELAS
JUMLAH ROMBEL
JUMLAH PESERTA DIDIK
JUMLAH
LAKI-LAKI
PEREMPUAN
VII
20
353
366
719
VIII
13
201
268
469
IX
13
203
262
465
JUMLAH
46
625
719
1653

Rerata Nilai Ujian Nasional
Tahun
B. Indonesia
B. Inggris
Mat
IPA
Rerata UN
Lulus
2007/2008
6,07
4,77
4,98
5,48
5,33
53,53%
2008/2009
7,30
7,42
7,60
7,90
7,56
99,71 %
2009/2010
7,86
8,51
8,61
7,72
8,18
100 %
2010/2011
8,12
8,21
8,74
7,85
8,23
100 %
2011/2012
8,64
8,57
8,77
8,68
8,67
100%

Prestasi Sekolah
1.     Sekolah Unggulan pada tahun 2001
2.    Piloting Project KBK pada tehun 2003
3.    Juara III Nem Tertinggi Se - Sulsel pada tahun 2003
4.    Sekolah Standar Nasional pada tahun 2006
5.    Sekolah berwawasan Lingkungan 2013

Prestasi peserta didik
No.
JENIS KEGIATAN
PRESTASI
TINGKAT
Tahun
1
OSN Matematika
Peserta
Provinsi
2009
2
OSN Biologi
Peserta
Provinsi
2009
3
OSN Fisika
Peserta
Provinsi
2009
4
Lomba Kreativitas Siswa
Juara I
Kabupaten
2009
5
Lomba Kreativitas Siswa
Juara I
Provinsi
2009
6
English Speech Competition
Juara II
Provinsi
2009
7
Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR)
Peserta
Nasional
2009
8
OSN Matematika
pesertaP
provinsi
2010
9
OSN Biologi
Peserta
Provinsi
2010
10
OSN Fisika
Peserta
Provinsi
2010
11
Lomba Poster Edukasi PLP
Peserta
Provinsi
2010
12
Lomba Karya Tulis Ilmiah Edukasi PLP
Peserta
Provinsi
2010
13
FLS2N
Juara I
Kabupaten
2010
14
FLS2N
Juara I
Provinsi
2010
15
FLS2N
Peserta
Nasional
2010
16
OSN Matematika
Peserta
Provinsi
2011
17
OSN Biologi
Peserta
Provinsi
2011
18
OSN Fisika
Juara I
Kabupaten
2013
19
OSN Biologi
Juara I
Kabupaten
2013
20
OSN Fisika
Peserta
Provinsi
2013
21
OSN Biologi
Peserta
Provinsi
2013
22
FLS2N
Juara I
Kabupaten
2013
23
FLS2N
Juara I
Kabupaten
2013
24
CC Agama
Juara I
Kabupaten
2013
25
PRAMUKA LT V
Juara I
Nasional
2013
26
LOMBA BOMBERS
Juara I (Umum)
Provinsi Sul-Sel
2013
27
LPKP SMAN 1 Sunguminasa
Juara I
MAMINASATA
2013
28
FLS2N
Peserta
Provinsi
2013
29
FLS2N
Peserta
Provinsi
2013



No comments:

Post a Comment